Sabtu, 07 April 2012

Janji Bintang


“ Ka Icad..apakah itu kaka ? Gimana keadaan kaka disana ? kaka baik-baik aja kan ? Aku kangen sama kaka,  kaka lihat aku dari sana ? Aku kangen melihat bintang bareng kaka.Ka  Icad..tolong peluk aku, aku kesepian disini tanpa kaka “  Ucap Sintia dalam hatinya sambil mengenang seseorang yang sangat berharga dalam hidupnya.
 

3 tahun yang lalu...

    “ Richard...Sintia..ayo sarapan !” panggil mama.
    Namaku Sintia Citrasari, aku seorang cewek yang sangat beruntung didunia ini. Aku punya papa yang sangat menyayangiku, mama yang begitu lembut dan aku memiliki seorang kaka yang selalu siap melindungi aku, Ka Richard Herdiansyah.
    “ Iya ma bentar “ terdengar suara dari kamar sebelah. “ Tia..udah belom ?” teriak ka Icad.
    “ Iya..ka bentar lagi, lagi nanggung nih “ jawab ku.
    “ Emang kamu ngapain sih ? Koq lama banget ? Kaka buka pintunya ya !”seru Icad tanpa menunggu persetujuan dari si pemilik kamar.
    Ketika membuka pintu, Icad kaget melihat Tia yang sedang memanjat lemari pakaiannya entah apa yang sedang dilakukannya.
    “ Tia, kamu ngapain manjat lemari ? Ayo turun, nanti kalo kamu jatoh gimana ? Sini biar kaka aja yang ambil !” tegur Icad yang kaget sekaligus takut kalo-kalo adik kesayangannya jatuh.
    “ Ga usah ka, Tia bisa sendiri koq “ bantah Tia. “ Tuh kan udah ketemu barangnya “ seru Tia dengan nada yang terdengar girang.
    “ Emang apa sih yang kamu cari ?” tanya Icad penasaran.
    “ Ini loh ka “ jawab Tia sambil memperlihatkan benda yang dengan susah payah diambilnya.
    Icad melihat sebuah kalung yang berbandul Bintang yang ditengahnya terdapat sebuah mutiara dengan ukiran huruf ‘RS’yang artinya Richard dan Sintia.
    “ Ya ampun, kaka kira kamu nyariin apa ternyata cuma kalung ini “ ucap Icad heran dengan tingkah adiknya yang rela manjat lemari yang segitu tingginya hanya untuk mengambil kaling tersebut.
    “ Iihh..kaka gimana sih ? Ini itu berharga banget buat aku. Ini kan pemberian pertama yang dikasih oleh kaka jadi harus aku jaga baik-baik. Aku rela kehilangan semua harta yang ada didunia ini tapi tidak untuk kalung ini “ seru Tia sambil menatap kalung yang ada didalam genggamannya.
    Icad tidak menyangka Tia begitu menyayangi kalung itu padahal dimata Icad itu hanyalah sebuah kalung biasa. “ Ya udah sini kaka pakein trus habis itu kita sarapan bareng ya, nanti telat lagi “ ucap Icad sambil memakaikan kalung itu pada leher indah adiknya.
    “ Koq kalian lama banget ? Bisa telat loh, mama manggil dari tadi tapi ga da yang nongol “ bawelnya mama kambu lagi deh. Gini ni, tiap pagi pasti mama ngomel dulu baru bisa mulai sarapannya.
    “ Maaf ma, ini nih anak kesayangannya mama aneh-aneh aja. Masa dia manjat lemari bajunya hanya buat ambil kalung itu, aneh banget kan ?” jelas Icad.
    “ Apa ? Manjat lemari ? Tia gimana kalo kamu jatoh ? “ tanya mama dengan mimik wajah seperti baru mendengar kabar buruk.
    “ Buktinya Tia ga pa-pa kan ? Mama ga usah khawatir gitu dech. Tia ini udah SMA kelas 2 ma, bukan anak sekolah dasar lagi “ bantah Tia karena merasa dianggap anak kecil.
    “ Maksud mama bukan gitu Tia, mama cuma khawatir aja kalo kamu tuh kenapa-napa “ sela Icad.
    “ Iya Tia tau tapi mama ga usah segitunya juga donk ma “.
    “ Iya udah mama minta maaf,mama hanya ga mau kamu terluka honey “ ucap mama lembut sambil membelai rambut anak kesayangannya.
    Icad hanya tersenyum manis melihat tingkah laku mama dan adiknya.
    “ Eehh da apa nih ? Koq ada peluk-pelukan sgala ? Papa ga diajak lagi “ seru papa yang tiba-tiba nongol
    “ Mau tau urusan wanita aja”sahut Tia.
    Mendengar ucapan Tia, papa hanya mengangkat pundaknya sebagai tanda’ ya udah kalo gitu ‘.

    Seusai sarapan Icad dan Tia lalu berpamitan pada kedua orangtuanya.
    “ Icad dan Tia pamit ya ?” pamit Icad yang sekaligs mewakili Tia yang sudah duluan menuju mobil.
    “ Iya hati-hati dijalan, Icad lihatin tuh adik kamu. Inget anterin adik kamu kesekolahnya dulu“ pesan mama.
    “ Iya ma “ jawab Icad.
    Setiap pagi, Icad mempunyai tugas menjadi supir pribadi Tia. Icad harus mengantar Tia kesekolah dan pastikan Tia baik-baik saja lalu setelah itu Icad menuju kampusnya.   
    “ Ka, puter lagu donk !”pinta Tia.
    “ Puter aja sendiri “.
    “ Ok deh..”.
    Alunan lagu Ada Band ‘Baiknya’mulai mengalun.
 Kehilangan dirimu menyakitkan nurani... Namun tiba-tiba, Icad langsung menekan tombol stop.
    “ Loh ka, koq dimatiin ? “ tanya Tia yang merasa kesenangannya diusik.
    “ Kaka kan udah pernah bilang jangan muter lagu itu kalo kamu lagi sama kaka. Kamu budek ya ?” seru Icad dengan nada yang terdengar kasar.
    “ Aku ga suka lihat kaka seperti ini, terus terpuruk dalam masa lalu yang selalu membayangi kaka. Ka, sampe kapan kaka harus kyak gini terus ? Sampe kapan kaka harus hidup didalam bayang-bayang Ka Nina ? “ Tia mulai marah.
    Mendengar ucapan Tia, Icad langsung meminggirkan mobilnya dan berkata “ Tia, kamu bisa diem ga ? Aku ini...”.
    “ Ga..aku ga bisa diem “ sela Tia. “ Udah cukup lama aku diem dan melihat penderitaan yang kaka rasain. Sampe kapan kaka harus kayak gini ? Ka udah 4 tahun berlalu semenjak kematian Ka Nina, kenapa sih kaka ga pernah bisa nerima itu ?. Ka Nina juga paling sedih kalo lihat kaka seperti ini, terus-terusan menyalahkan diri sendiri. Semua yang udah terjadi hingga merenggut nyawa Ka Nina bukan salah kaka. Itu sebuah kecelakaan yang ga bisa dihindari ka. Please jangan nyakitin diri kaka sendiri kayak gini dong “ ucap Tia dengan air mata yang mulai merlinang dipelupuk matanya.
    “ Kamu kira segampang itu buat ngelupain apa yang udah pernah terjadi ? Melihat seseorang yang kita cintai terkujur kaku tanpa bisa melakukan sesuatu untuk menyelamatkannya “ Icad mulai menangis untuk pertama kalinya didepan Tia. “ Seandainya waktu itu kaka ga ninggalin dia didalam mobil itu, mungkin semua ga bakal terjadi. Dia terseret oleh bus itu dan terlempar jauh banget dan kaka ga bisa ngelakuin apapun untuk menyelamatkan dia. Kamu belum pernah ngerasain kehilangan seseorang yang sangat kamu sayang melebihi apapun didunia ini. Kamu belum pernah ngerasain gimana sakitnya melihat orang yang kita cintai terkujur kaku, berlumur darah dan meninggal didalam pelukan kita. Kamu ga tau gimana sakitnya semua itu dan kamu ga akan pernah tau Tia..ga akan pernah tau “.
    Baru kali ini Tia melihat kakaknya menangis. Tia menyadari dibalik sosok kakaknya yang terlihat kuat ternyata terdapat kerapuhan yang selama ini disembunyikannya.
    “ Maafin Tia ka, Tia ga ada maksud buat nyakitin kaka seperti ini. Tia hanya ga mau kaka terus-terusan terpuruk dan merasakan sakit atas apa yang telah terjadi. Maafin Tia ka “ pinta nya sambil menggenggam tangan Icad.
    “ Hmm...iya ga pa-pa, kaka ngerti kok. Sekarang kita kesekolah yuk ntar kamu terlambat lagi “ seru Icad sambil menghapus air matanya dan langsung menancap gas.
    Dan selanjutnya, dalam perjalanan tak ada lagi perbincangan diantara mereka hingga sampai disekolah Tia. Begitu memasuki gerbang sekolah, kedua sahabat Tia telah menantinya. Namun Tia tau kalo itu hanya alasan mereka aja untuk melihat Ka Icad.
    “ Ya udah hati-hati dijalan ya ka“ pesan Tia sambil turun dari mobil.
    “ Pagi ka Icad “ seru Nara dan Cia sambil melambaikan tangan.
    “ Pagi “ balas Icad kepada kedua sahabat adiknya. “ Kaka pergi ya “ sambungnya kepada Tia sambil menstarter mobilnya.
    Tia hanya menganggukan kepalanya sebagai tanda ‘Iya’sambil melambaikan tangan.
    Icad mulai menjauh dan Tia bersama kedua sahabatnya mulai berbalik dan hendak menuju kelas mereka.
    Cciiiiiiiittt.......
    Brrruuukkkk.....
    Mendegar bunyi itu, tiba-tiba entah kenapa Tia langsung memikirkan kakaknya. Tia langsung berbalik dan berlari menuju pagar.
    “ Ka Icaaadddd......” teriak Tia.
    Mobil Icad tertabrak oleh sebuah truk dari arah berlawanan dengan kecepatan tinggi yang mengakibatkan mobil Icad terlempar, berguling dan pada akhirnya berada pada posisi terbaik.
    “ Ka Icaaad....” teriak Tia sekali lagi. Tubuhnya tiba-tiba terasa kaku, kaki Tia serasa tak mampu lagi menopang tubuhnya. Dengan tenaga yang tersisa, Tia menguatkan kakinya dan perlahan berjalan menuju tempat dimana kakaknya berada.
    Tia berjalan melewati kerumunan orang yang ingin melihat kecelakaan tersebut.
    Ketika itu, Tia melihat tubuh Icad terkujur kaku diatas aspal yang mulai disinari oleh mentari pagi. Seketika itu, Tia tersungkur dan memeluk kakaknya.
    “ Ka bangun ka....ka bu..ka mata kaka. Ka Icad bangun....” panggil Tia ditengah-tengah tangisnya. Kemudian Tia memandang disekelilingnya dan berkata “ Tolong kaka saya, tolong panggilin ambulance “.
    Namun tak ada seorangpun yang menanggapinya.
    “ Ka bangunn...ka Icad jangan tinggalin Tia ” panggil Tia sekali lagi.
    Perlahan Icad membuka matanya dan menatap mata Tia sambil tersenyum dan berkata “ Ka..kamu kenapa nangis ? Ka..ka ga pa-pa, kaka ga bakal ning...galin kamu Tia. Kaka sayang banget sa...ma kamu jadi ga mung...kin kaka tinggalin kamu. Kaka bakal slalu nemenin kamu dari atas sana “ ucap Icad sambil menahan sakit.
    Tia tidak mengatakan apapun, dia hanya menangis dan terus memeluk Icad dengan erat.
    Icad merasakan itu dan berkata “ Ad....ik kaka ga boleh cengeng. Kamu harus lebih de...wasa sekarang kar....na kaka ga bakal bi...sa nge..jagain kamu lagi. Ka...lo kamu kangen sama kaka, pandanglah bintang dilangit, ka...ka bakal slalu ne..menin kamu dari sa...na “.
    “Ka Icad...Ka Icad...bangun ka, bangun.....” panggil Tia namun kali ini Icad tak akan membuka mata dan memandang Tia lagi untuk selamanya.
    Seketika itu terngiang semua yang dikatakan Icad “Dia terseret oleh bus itu dan terlempar jauh banget dan kaka ga bisa ngelakuin apapun untuk menyelamatkan dia. Kamu belum pernah ngerasain kehilangan seseorang yang sangat kamu sayang melebihi apapun didunia ini . Kamu belum pernah ngerasain gimana sakitnya melihat orang yang kita cintai terkujur kaku, berlumur darah dan meninggal didalam pelukan kamu. Kamu ga tau gimana sakitnya semua itu dan kamu ga akan pernah tau Tia..ga akan pernah tau “.
   
                                                                               ***
   
    “ Tia.....makan malam yuk “ panggil mama yang menyadarkan Tia dari lamunannya.
    “ Iya ma..dikit lagi Tia turun “ balas Tia.
    “ Aku baru ngerasain apa yang dulu kaka rasain semenjak Ka Nina meninggal. Kaka bilang aku ga akan pernah ngerasain hal yang sama dengan kaka. Tapi apa, kaka yang buat aku ngerasain hal itu. Ngerasain gimana rasanya kehilangan orang yang kita sayangi, gimana sakitnya melihat orang yang kita cintai terkujur kaku, berlumur darah dan meninggal didalam pelukan kita. Kini aku udah ngerasain semuanya ka tapi aku janji bakal berusaha menghapus smua rasa bersalah ini dari dalam diriku agar kaka juga bisa senang disana. Ka....Tia kangen, Tia pengen dipeluk sama kaka. Kaka janji bakal jadi bintang buat Tia, jadilah bintang yang paling terang ka agar Tia bisa selalu ngerasain kehadiran kaka. Tia sayang banget sama Ka Icad “ ucap batin Tia sambil memandang bintang yang paling terang dilangit”.

1 komentar: